Jongin

Jongin

Senin, 17 Oktober 2011

Desain Pemodelan Grafik

Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.

Dalam desain grafis biasanya kita menggunakan beberapa aplikasi bantuan seperti berikut ini :

1. Desktop publishing

  • Adobe Illustrator
  • Adobe Photoshop
  • Adobe Indesign
  • Coreldraw

2. Webdesign

3. Audiovisual

4. Rendering 3 Dimensi

Meskipun pembelajaran individual dapat diambil secara berurutan, saya menyarankan untuk mengikuti kelas Dasar Desain Grafis dan pelajaran tentang unsur desain ini secara berurutan untuk mendapatkan manfaat penuh. Pelajaran yang akan kita bahas adalah sebagai berikut ini :

1.1 Desain Bangun Ruang

Kelas pertama menjelaskan 5 unsur desain: garis, bentuk, massa, tekstur, dan warna.

1.2 Garis

Membahas mengenai jenis-jenis garis, yaitu lurus, melengkung, tebal, tipis, garis menyambung atau putus-putus.

1.3 Bentuk

Disini kita membahas mengenai suatu bentuk. Dimana bentuk yang akan kita bahasa adalah sebagai berikut ini : bujur sangkar (dan persegi panjang), segitiga, dan lingkaran. Yang mana bentuk-bentuk tersebut merupakan 3 bidang dasar dalam bentuk pada desain grafis. Selain itu kita juga akan membahas mengenai Desain Logo.

1.4 Massa

Kelas ini mencakup bagian besar pada ukuran dan pengukuran untuk jenis, kertas, dan gambar.

1.5 Tekstur

Disini kita akan belajar mengenai teknik timbul atau lebih dikenal dengan nama Mengemboss. Dan juga akan belajar mengenai tekstur visual lain yang dibuat dengan teknik desain tertentu.

1.6 Warna

Dalam kelas ini kita akan membahas dan bermain mengenai simbol dan gradasi warna.


TAMBAHAN :

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Desain Pemodelan Grafik dan juga Kelas-Kelas yang akan kita ikuti. Kalian bisa mendownload Materinya dalam bentuk PDF pada link berikut ini :

http://www.mediafire.com/?530p19dp0z2q74w

TAMBAHAN :

Disini saya membuat tugas softskill yang dari bentuk Word ke PDF menggunakan Editor LATEX.

Kalian bisa mendownload yang dalam bentuk LATEX dengan mengklik link berikut ini :

http://www.mediafire.com/?cfp95nk0k172pdv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar