Jongin

Jongin

Senin, 05 Maret 2012

Jenis Game

SHOOTING GAME



PENGERTIAN GAME

Game adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan hiburan. Pengertian game bisa dibedakan menjadi 2, yaitu :

1. Game Online

adalah game yang berbasis elektronik dan visual. Game online sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu web based game dan text basedgame. Web Based Games adalah aplikasi game yang diletakkan pada server di internet dimana pemain hanya perlu menggunakan akses internet dan browser untuk mengakses games tersebut. Jadi tidak perlu menginstall atau mengepatch untuk memainkangamenya. Video Game atau permainan video adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh peralatan video. Contoh game online yaitu :

a. First Person Shooter(FPS), game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer

b. Real-Time Strategy, merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter

c. Cross-Platform Online, merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360

d. Browser Games, merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE

e. Massive Multiplayer Online Games, game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata. Contoh : Ragnarok online, Ayo dance, Y0gioh, dll

2. Game Offline

Sedangkan game offline adalah game tanpa menggunakan jaringan internet sehingga game tersebut tidak dapat dimainkan secara bebas oleh siapapun. Contoh game offline seperti : Playstation, Sega, Nitendo, dll.

JENIS GAME

Game juga dapat dibedakan menurut platform dan genre-nya. Jenis game menurut Platform atau alat yang digunakan antara lain :

1. Arcade games, contohnya permainan ding dong atau permainan yang memiliki fitur atau alay khusus yang digunakan untuk memainkannya.

2. PC Games, yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers.

3. Console games, yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.

4. Handheld games, yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP.

5. Mobile games, yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.

Sedangkan jenis game menurut genre-nya yaitu Shooting Game, (tembak-tembakan, atau hajar-hajaran bisa juga tusuk-tusukan, tergantung cerita dan tokoh di dalamnya) video game jenis ini sangat memerlukan kecepatan refleks, koordinasi mata-tangan, juga timing, inti dari game jenis ini adalah tembak, tembak dan tembak. Termasuk didalam-nya :
 

1. First person shooting (FPS) seperti Counter Strike dan Call of Duty

2. Drive n’ shoot, menggunakan unsur simulasi kendaraan tetapi tetap dengan tujuan utama menembak dan menghancurkan lawan, contoh : Spy Hunter, Rock and Roll Racing, Road Rash

3. Shoot em’ up, seperti Raiden, 1942, dan gradius

4. Beat ‘em up (tonjok hajar) seperti Double Dragon dan Final Fight, lalu hack and slash (tusuk tebas) seperti Shinobi dan Legend of Kage

5. Light gun shooting, yang menggunakan alat yang umumnya berbentuk seperti senjata, seperti Virtua Cop dan Time Crisis
Selain shooting game, sebenarnya ada beberapa jenis game menurut genre-nya, yaitu internet game, fighting game, racing game, logic game, mini game, dan adventure game.

CONTOH GAME SHOOTING

Contoh game shooting sebenarnya banyak sekali dan game shooting memang sangat popular dan sering dimainkan oleh para pecinta game. Salah satu game shooting yang terkenal yaitu Counter-Strike dikenalkan pertama kali di tahun 1999 oleh Valve, dan menjadi game First Person Shooter dengan tema peperangan antara Counter-Terrorist melawan Terrorist. Dengan pesat Counter-Strike menjadi game yang sangat populer dan dimainkan di seluruh penjuru dunia oleh jutaan pemainnya.

Counter-Strike Online yang diproduksi oleh Valve & Nexon South Korea, memiliki seluruh karakteristik kuat dari Counter-Strike, bahkan lebih baik lagi. Dengan tambahan elemen seperti karakter dan senjata baru, puluhan map baru yang telah disesuaikan dan mode-mode baru yang unik serta menantang, membuat Counter-Strike Online semakin seru untuk dimainkan.


LINK PUSTAKA :
http://www.scribd.com/doc/68479491/5/Pengertian-Game-dan-Game-Online
http://chikhungunya.wordpress.com/2011/05/26/definisi-game-dan-jenis-jenisnya/
http://wong168.wordpress.com/2011/03/15/jenis-game/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar